Pahami tingkatan mobil otonom, mulai level 0 hingga level 5

Ada banyak hal yang harus dilakukan sebelum teknologi mobil otonom dapat digunakan secara luas, seperti uji coba dan validasi lanjutan.

author photo
A- A+
Share:
Pahami tingkatan mobil otonom, mulai level 0 hingga level 5.
Mobil otonom atau mobil self-driving (tanpa pengemudi) merupakan kendaraan yang menggunakan kombinasi sensor di mana kendaraan yang memiliki sistem pengendalian dan navigasi yang memungkinkan mobil untuk beroperasi tanpa bantuan dari pengemudi. 

Mobil otomatis menggunakan teknologi seperti sensori, kamera, radar, dan lidar untuk mengumpulkan informasi lingkungan dan membuat keputusan tentang cara terbaik untuk beroperasi.


Mobil otomatis menawarkan berbagai manfaat seperti keselamatan yang lebih baik, kenyamanan yang lebih tinggi, dan efisiensi yang lebih besar. 
Namun, masih ada beberapa hal yang harus dipecahkan sebelum mobil otomatis dapat digunakan secara luas, seperti kendala regulasi dan teknologi yang masih terbatas.
Saat ini, beberapa perusahaan teknologi dan produsen mobil sedang mempercepat pengembangan mobil otomatis, ada banyak hal yang harus dilakukan sebelum teknologi ini dapat digunakan secara luas, seperti tes dan validasi lanjutan, peraturan dan standar industri, dan penyelesaian masalah teknis lainnya.

Tingkatan mobil otomatis (otomatis) digunakan untuk menggambarkan tingkat kemandirian dan kapabilitas teknologi otomatis dalam sebuah mobil. 

Berikut tingkatan mobil otonom, mulai level 0 hingga level 5 yang dirangkum mobilsia.com: 

Level 0: Tanpa Otomatisasi

Tingkatan 0 (Tanpa Otomatisasi) adalah tingkatan dimana mobil tidak memiliki teknologi otomatisasi sama sekali. Dalam tingkatan ini, pengemudi harus melakukan semua tugas berkendara, termasuk memperhatikan lingkungan sekitar, memacu kendaraan, dan melakukan manuver jalan raya. 

Mobil dalam tingkatan ini tidak memiliki fitur canggih seperti sistem parkir otomatis, sistem pengendalian jarak, atau sistem pencegahan tabrakan.

Tingkatan 0 masih merupakan tingkatan yang paling umum dalam industri otomotif saat ini, dan banyak mobil di pasaran yang masih berada dalam tingkatan ini. 

Namun, dengan munculnya teknologi otomatisasi yang semakin canggih, tingkatan 0 sedang berkurang dan banyak mobil baru yang memiliki tingkatan yang lebih tinggi dari teknologi otomatisasi.

Level 1: Asistensi Sistem

Tingkatan 1 (Asistensi Sistem) adalah tingkatan dimana mobil memiliki teknologi otomatisasi yang membantu pengemudi dalam tugas berkendara. 

Dalam tingkatan ini, sistem otomatisasi membantu pengemudi untuk memperhatikan lingkungan sekitar dan melakukan tugas seperti mengendalikan jarak dan membantu dalam pencegahan tabrakan. 

Namun, dalam level ini pengemudi harus tetap berkonsentrasi dan siap untuk mengambil alih kendali jika diperlukan.

Beberapa fitur yang biasanya ada pada tingkatan 1 meliputi sistem pengendalian jarak, sistem pencegahan tabrakan, dan sistem parkir otomatis. 

Sistem pengendalian jarak membantu pengemudi untuk mempertahankan jarak aman dengan kendaraan depan, sementara sistem pencegahan tabrakan membantu mencegah tabrakan dengan memperlambat atau mematikan kendaraan secara otomatis jika terdeteksi bahaya.

Tingkatan 1 adalah tingkatan yang sering ditemukan pada mobil baru saat ini dan membantu pengemudi dalam tugas berkendara, tetapi pengemudi harus tetap berkonsentrasi dan siap untuk mengambil alih kendali jika diperlukan.

Level 2: Sistem Otomatisasi paruh waktu

Tingkatan 2 (Sistem Otomatisasi Paruh Waktu) adalah tingkatan dimana mobil memiliki teknologi otomatisasi yang memungkinkan pengemudi untuk membiarkan sistem mengendalikan kendaraan selama jangka waktu tertentu. 

Dalam tingkatan ini, sistem otomatisasi membantu pengemudi dalam tugas-tugas seperti mengendalikan kecepatan dan jarak, membantu pengemudi dalam pengendalian laju, dan membantu dalam pencegahan tabrakan.

Meskipun sistem otomatisasi dalam tingkatan 2 memungkinkan pengemudi untuk membiarkan sistem mengendalikan kendaraan selama jangka waktu tertentu, pengemudi harus tetap memantau lingkungan sekitar dan siap untuk mengambil alih kendali jika diperlukan. 

Beberapa fitur yang biasanya ada pada tingkatan 2 meliputi sistem pengendalian jarak adaptif, sistem pengendalian laju, dan sistem pencegahan tabrakan aktif.

Tingkatan 2 adalah tingkatan yang sedang berkembang dan mulai ditemukan pada beberapa mobil baru saat ini. 

Tingkatan ini memungkinkan pengemudi untuk mengalihkan tugas berkendara ke sistem selama jangka waktu tertentu, sehingga membuat perjalanan lebih nyaman dan mempercepat proses pembelajaran teknologi otomatisasi.

Level 3: Sistem Otomatisasi Penuh waktu

Tingkatan 3 (Sistem Otomatisasi Penuh Waktu) adalah tingkatan dimana mobil memiliki teknologi otomatisasi yang memungkinkan sistem untuk mengendalikan kendaraan sepanjang waktu, dan pengemudi hanya perlu mengambil alih kendali jika sistem memintanya. 

Dalam tingkatan ini, sistem otomatisasi membantu pengemudi dalam tugas-tugas seperti mengendalikan kecepatan dan jarak, membantu pengemudi dalam pengendalian laju, dan membantu dalam pencegahan tabrakan.

Tingkatan 3 adalah tingkatan otomatisasi yang sedang berkembang dan baru mulai ditemukan pada beberapa mobil baru saat ini. Tingkatan ini memungkinkan pengemudi untuk mengalihkan tugas berkendara ke sistem sepanjang waktu, sehingga membuat perjalanan lebih nyaman dan mempercepat proses pembelajaran teknologi otomatisasi.

Meskipun sistem otomatisasi dalam tingkatan 3 memungkinkan sistem untuk mengendalikan kendaraan sepanjang waktu, pengemudi harus tetap memantau lingkungan sekitar dan siap untuk mengambil alih kendali jika diperlukan. 

Dalam tingkatan ini, sistem otomatisasi juga harus dapat meminta pengemudi untuk mengambil alih kendali dalam situasi tertentu, seperti saat kondisi jalan yang tidak biasa atau kondisi cuaca buruk.

Level 4: Mobil Otomatisasi Penuh waktu, bebas pengemudi

Tingkatan 4 (Mobil Otomatisasi Penuh Waktu, Bebas Pengemudi) adalah tingkatan dimana mobil memiliki teknologi otomatisasi yang memungkinkan sistem untuk mengendalikan kendaraan sepanjang waktu, tanpa campur tangan pengemudi.

Dalam tingkatan ini, pengemudi tidak perlu memantau jalanan atau berkendara, dan mobil dapat melakukan tugas berkendara secara mandiri.

Mobil-mobil tingkatan 4 memiliki kapabilitas untuk memahami lingkungan sekitar dan membuat keputusan berdasarkan data yang diterima. 

Mobil level ini dapat beroperasi tanpa campur tangan pengemudi dan memiliki sistem-sistem pencegahan tabrakan dan pengamanan pengemudi yang sangat canggih.

Tingkatan 4 merupakan tingkatan otomatisasi yang sangat diharapkan dan sedang berkembang pesat. Mobil-mobil ini memiliki potensi untuk mengubah cara kita berpikir tentang berkendara dan membuat perjalanan lebih aman, efisien, dan nyaman. 

Level 5: Mobil Otomatisasi Penuh waktu, tanpa pengemudi

Level 5 adalah tingkatan tertinggi dalam sistem otomatisasi mobil, di mana mobil dapat beroperasi tanpa campur tangan pengemudi sama sekali. Dalam tingkatan ini, pengemudi tidak perlu mengendalikan mobil, dan mobil dapat melakukan tugas berkendara secara mandiri di semua kondisi jalanan dan lingkungan.

Mobil-mobil tingkatan 5 memiliki kapabilitas untuk memahami lingkungan sekitar dan membuat keputusan berdasarkan data yang diterima. 

Mobil level ini dapat beroperasi tanpa campur tangan pengemudi dan memiliki sistem-sistem pencegahan tabrakan dan pengamanan pengemudi yang sangat canggih.

Tingkatan 5 adalah tingkatan otomatisasi yang sangat diharapkan dan memiliki potensi untuk mengubah cara kita berpikir tentang berkendara dan membuat perjalanan lebih aman, efisien, dan nyaman. 

Namun, teknologi tingkatan 5 masih dalam tahap pengembangan dan perlu diuji secara lebih lanjut sebelum diterapkan secara luas. Penerapan tingkatan 5 sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk regulasi, infrastruktur, dan kapabilitas teknologi.

Itulah tingkatan mobil otonom yang digunakan untuk menggambarkan tingkat kemandirian dan kapabilitas teknologi otomatis dalam sebuah mobil.
Share:
Komentar
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE.

Banner Responsive
Terkini