Lebih canggih, Google perbarui sistem Android Auto

Fitur ini mengintegrasikan perangkat Android dengan sistem infotainment mobil, sehingga pengguna dapat mengakses berbagai aplikasi.

author photo
A- A+
Share:
cover | mobilsia.com
Android Auto merupakan sistem infotainment yang dikembangkan oleh Google yang dapat digunakan pada mobil yang dilengkapi dengan sistem operasi Android. 

Fitur ini mengintegrasikan perangkat Android dengan sistem infotainment mobil, sehingga pengguna dapat mengakses berbagai aplikasi dan fitur dari smartphone mereka melalui layar sentuh atau tombol pada dashboard mobil.

Fitur-fitur yang tersedia melalui Android Auto meliputi navigasi GPS, pemutar musik, panggilan telepon, dan pesan teks. 

Pengguna juga dapat mengakses aplikasi lain seperti Spotify, Pandora, atau Google Maps melalui Android Auto. 

Direktur Produk dan Pengalaman Pengguna, Android untuk Mobil, Gummy Kim mengungkapkan pembaruan desain dan peningkatan fitur baru memberi pengalaman yang lebih personal dan mudah digunakan.

"Desain baru memprioritaskan tiga tujuan penting bagi pengemudi: menavigasi ke mana Anda pergi, berkomunikasi dengan teman dan keluarga, dan memutar musik atau podcast Anda. Peta kini lebih dekat ke kursi pengemudi sehingga Anda dapat melihat tujuan dengan cepat," tulis Gummy di laman resmi Google baru-baru ini.

Lanjut Gummy, desain media baru menyertakan yang terbaik dari Material You untuk menampilkan seni album favorit dan peluncur cepat yang ditambahkan memungkinkan pengguna mengakses aplikasi yang baru saja digunakan dengan cepat. 

"Selain itu, karena Android Auto kompatibel dengan semua penanda mobil utama, tata letak layar terpisah juga dapat disesuaikan dengan ukuran layar yang berbeda, sehingga terlihat bagus baik di mobil dengan layar lebar, potret, atau layar ukuran lainnya," ungkapnya.

blog.google

Pembaruan Android Auto

Kini sistem Asisten Google yang terinstall di Android Auto sekarang memberikan saran cerdas termasuk pengingat panggilan tidak terjawab, berbagi waktu kedatangan cepat, dan akses instan ke musik atau podcast. 

"Pintasan di layar mempercepat balasan pesan dan memanggil kontak favorit. Selain itu, kami memperkenalkan bilah kemajuan yang dapat dicari untuk musik dan podcast, salah satu fitur yang paling banyak diminta, sehingga pengguna dapat melewati lagu atau episode. Last but not least, mulai dari ponsel Pixel dan Samsung terbaru, Anda dapat segera melakukan panggilan menggunakan WhatsApp dengan Android Auto," jelasnya.

Berbagi kunci mobil digital.

blog.google

Google juga memperbarui sistem kunci mobil digital pada perangkat Pixel dan iPhone untuk mempermudah memberikan akses ke mobil pengguna kepada teman dan keluarga tepercaya. 

"Berbagi kunci akan segera hadir di ponsel Samsung, dan pengguna Xiaomi akan dapat menggunakan dan berbagi kunci mobil digital akhir tahun ini. Dan sudah didukung di BMW, kunci mobil digital juga akan terus berkembang di lebih banyak merek mobil," terangnya.

Selain itu, Google juga menghadirkan Asisten Google, Google Maps, dan lebih banyak aplikasi dari Google Play langsung ke layar mobil tanpa bergantung pada ponsel. 

"Kami bermitra erat dengan pembuat mobil dan pengembang aplikasi untuk terus menyempurnakan pengalaman terintegrasi ini," bebernya kembali.

blog.google

Berikut tambahan dan pembaruan Android Auto yang dilansir dari laman resmi Google:

Peta dan navigasi berkualitas tinggi.

Aplikasi Waze sekarang tersedia di kendaraan Renault tertentu dan menuju ke lebih banyak mobil dengan Google built-in.

Peta HD baru Google sekarang tersedia di mobil baru tertentu dengan Google bawaan, dimulai dengan Volvo EX90 dan Polestar 3. 

Peta HD memberikan detail jalan yang akurat seperti penanda jalur, rambu, dan penghalang jalan untuk mendukung teknologi mengemudi yang dibantu dan otonom dari pembuat mobil untuk berkendara yang lebih aman dan bebas genggam di jalan raya tertentu.

Lebih banyak aplikasi hiburan.

Aplikasi multimedia seperti Tubi dan MGM+ yang sudah tersedia di Google Play, dan Google akan menawarkan YouTube dan lainnya dalam sistem Android Auto.

Banyak pilihan mobil menggunakan Andorid Auto.

Dengan model Accord Touring 2023 yang baru diumumkan , Honda bergabung dengan daftar merek yang terus bertambah yang menawarkan mobil dengan Google built-in yang mencakup Volvo Cars, Polestar, Chevrolet, GMC, Cadillac, dan Renault. 

Google juga berharapkan lebih banyak pilihan dari merek seperti Ford dan Lincoln di tahun 2023 nanti.

Berikut video tampilan Android Auto: 

Share:
Komentar
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE.

Banner Responsive
Terkini