Banner Horizontal
Scroll untuk melanjutkan membaca.

Begini standart tata cara mengemudi mobil dengan benar

Untuk mengemudi mobil dengan benar, pertama-tama harus memastikan bahwa Anda memahami semua peraturan lalu lintas yang berlaku.

A- A+
Share:

cover | mobilsia.com
Mobilsia.com - Mengemudi mobil merupakan kegiatan yang harus dilakukan dengan hati-hati dan perhatian yang tinggi, sebab mengemudi mobil dapat menimbulkan risiko kecelakaan yang serius jika tidak dilakukan dengan benar. 

Untuk mengemudi mobil dengan benar, pertama-tama harus memastikan bahwa Anda memahami semua peraturan lalu lintas yang berlaku.

Selain itu, harus memastikan telah menyelesaikan segala persyaratan yang diperlukan untuk mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM) mobil. 

Terdapat tiga jenis SIM yang diterbitkan oleh Polri, yakni SIM Kendaraan Bermotor (Ranmor) Perseorangan, SIM Ranmor Umum dan SIM Internasional.

Untuk mengemudi mobil pribadi cukup memiliki SIM A yang berlaku untuk mengemudikan ranmor dengan jumlah berat yang diperbolehkan paling tinggi 3.500 kilogram (kg) berupa mobil penumpang dan barang perseorangan.

Lantas bagaimana tata cara mengemudi mobil dengan benar? Berikut beberapa tata cara mengemudi mobil dengan benar:

1. Pastikan Anda telah memeriksa kondisi mobil Anda sebelum mengemudinya, termasuk memastikan bahwa ban telah diisi dengan tekanan yang tepat, rem berfungsi dengan baik, dan lampu bekerja dengan baik.

2. Gunakan seatbelt Anda setiap kali Anda mengemudi. Ini akan membantu melindungi Anda jika terjadi kecelakaan.

3. Jangan mengemudi jika Anda merasa lelah, marah, atau terlalu banyak mengonsumsi alkohol. Kemudian akan menurunkan kemampuan Anda untuk berkonsentrasi dan membuat keputusan yang tepat saat mengemudi.

4. Jangan memakai handphone atau menggunakan perangkat lain yang dapat mengalihkan perhatian Anda saat mengemudi. Ini dapat menyebabkan kecelakaan.

5. Jaga jarak aman dengan kendaraan di depan Anda. Ini akan memberi Anda lebih banyak waktu reaksi jika terjadi sesuatu yang tidak terduga di jalan.

Baca juga - 5 Fungsi air radiator mobil, awas mesin overheat

6. Gunakan lampu sein Anda setiap kali Anda akan berbelok atau berpindah jalur. Ini akan memberi tahu pengemudi lain di sekitar Anda bahwa Anda akan melakukan manuver tersebut.

7. Ikuti kecepatan yang diperbolehkan di jalan raya. Kecepatan tinggi dapat meningkatkan risiko kecelakaan dan juga dapat menyebabkan Anda dituntut jika terlibat dalam kecelakaan.

8. Jangan mengendarai mobil jika Anda tidak memahami cara menggunakannya dengan benar. Sebaiknya, carilah instruktur mengemudi atau orang yang memiliki pengalaman mengemudi yang dapat memberi Anda pengajaran yang tepat.

Share:
Komentar
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE.

Banner Responsive
Channel

Dapatkan notifikasi berita terkini langsung dari Saluran WhatsApp resmi. Nomor WhatsApp Anda tetap privasi, tidak bisa dilihat pengguna lainnya.

Terkini