5 Tanda oli mobil yang harus segera diganti

Oli mobil berfungsi untuk membersihkan bagian-bagian mesin dari kotoran yang mungkin terakumulasi, serta untuk menghindari terjadinya panas.

author photo
A- A+
Share:

cover | mobilsia.com
Mobilsia.com - Minyak pelumas atau oli mobil merupakan bagian penting dari sistem pelumasan mesin mobil. Fungsi utama oli mobil adalah untuk melumasi bagian-bagian mesin yang bergerak agar tidak terjadi gesekan yang berlebihan. 

Oli mobil berfungsi untuk membersihkan bagian-bagian mesin dari kotoran yang mungkin terakumulasi, serta untuk menghindari terjadinya panas yang berlebihan di dalam mesin.

Oli mobil yang baik harus mampu melakukan semua tugas tersebut dengan baik. Oli mobil yang berkualitas akan mampu melumasi dengan baik, membersihkan bagian-bagian mesin dari kotoran, serta mampu menyerap panas yang dihasilkan oleh mesin.

Jika oli mobil tidak lagi dapat melakukan tugas-tugas tersebut dengan baik, maka akan terjadi gesekan yang berlebihan di dalam mesin yang dapat menyebabkan kerusakan pada bagian-bagian mesin. 

Selain itu, oli mobil yang tidak bagus atau kualitasnya rendah juga dapat menyebabkan mesin menjadi panas lebih cepat, sehingga dapat mengurangi efisiensi mesin dan meningkatkan konsumsi bahan bakar.

Maka, penting untuk mengganti oli mobil secara teratur agar mesin mobil dapat bekerja dengan optimal dan terhindar dari kerusakan. 

Biasanya, oli mobil harus diganti setiap 5.000-7.500 km atau setiap 2-6 bulan, tergantung pada jenis oli yang digunakan dan kondisi pemakaian mobil.

Lantas, apa tanda oli mobil yang harus segera diganti? Simak rangkuman lima tanda oli mobil yang harus segera diganti:

1. Warna oli mobil menjadi berubah menjadi coklat atau hitam

Oli mobil yang berubah warna menjadi coklat atau hitam menandakan bahwa oli tersebut sudah terlalu lama dan sudah tidak mampu melakukan tugasnya dengan baik.

2. Konsistensi oli mobil menjadi kental

Oli mobil yang menjadi kental menandakan bahwa oli tersebut sudah terlalu lama dan sudah tidak mampu melakukan tugasnya dengan baik.

3. Timbulnya bercak-bercak putih di oli mobil

Bercak-bercak putih yang muncul di oli mobil menandakan bahwa oli tersebut sudah terlalu lama dan sudah tidak mampu melakukan tugasnya dengan baik.

4. Munculnya bau yang tidak sedap di oli mobil. 

Bau yang tidak sedap yang muncul di oli mobil menandakan bahwa oli tersebut sudah terlalu lama dan sudah tidak mampu melakukan tugasnya dengan baik.

5. Oli mobil terlihat kurang

Jika oli mobil terlihat kurang atau tidak cukup, maka oli tersebut harus segera diganti. Jika oli tidak cukup, maka mesin akan terlalu panas dan dapat menyebabkan kerusakan pada bagian-bagian mesin.

Itu lima tanda oli mobil yang harus segera diganti, jika bro and sis menemukan salah satu dari tanda-tanda di atas, segera lakukan pengisian oli atau penggantian oli sesuai dengan yang dianjurkan oleh pabrikan mobil bro and sis.

Share:
Komentar
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE.

Banner Responsive
Terkini